Pencitraan?

Orang yang takut berekspresi karena takut dibilang pencitraan bukankah ia juga sedang pencitraan agar tidak dibilang pencitraan?

*Tetibakepikiranbegitu* *entah*

image

Tapi sejak istilah pencitraan itu fenomenal seperti sekarang, rasanya setiap kita mau berbagi sesuatu kok ada aja yang bakal komentar “ah, pencitraan”. Sedang saya mikir lagi, bukankah pencitraan itu sifat alami manusia? Kita secara otomatis menutup aib kita dan menampakkan hal baik yang bisa kita tampakkan. Bukankah begitu? Maka bersyukurlah kita, karena Allah masih menutup aib kita.

Bahkan ya, setahu saya selama belajar ilmu komunikasi, pencitraan itu penting. Continue reading

Menulis dan Ketulusan

“Mas, aku ngerasa jadi manusia nggak bermanfaat. Dulu, aku bisa nulis banyak. Udah beberapa hari kayak mandeg. Susah banget tiap mau nulis. Padahal kalau misalnya ngobrol gini bisa menyampaikan. Tapi kok kalau mau nulis susah ya?”
Keluhku melalui telepon.
“Aku punya ide, Mas.” Lanjutku.
“Hmm, apa?”
“Bikin perjanjian ya, jangan telepon aku sampai minimal aku bisa beresin satu tulisan atau satu bab novelku.”
Aku sedikit berat mengatakannya. Untuk pasangan LDR seperti kita, itu namanya bukan hukuman untukku, tapi hukuman untuk kita berdua.
“Nggak mau, ah.” Katanya cepat menanggapi usulku. Continue reading

Lelaki dan Pembuktian

image

Aku tidak pernah jatuh cinta padanya sebelumnya. Bagaimanalah, untuk aku yang pernah jatuh terlalu dalam lalu terperosok hingga patah oleh cinta, definisi cinta menjadi begitu lain bagiku. Cinta yang sebelumnya kudefinisikan sebagai seseorang yang begini begitu, kini tak lagi begitu. Cinta bukan sekadar tentang siapa, tapi bagaimana. Yang kemudian aku percaya pasti, cinta itu adalah pembuktian, keyakinan, serta restu semua pihak. Maka, ketika dia datang, menawarkan pembuktian, aku mulai bertanya-tanya. Lalu Dia menjawab lewat restu-Nya yang begitu terasa dari hati yang yakin, diikuti keyakinan semua orang terdekat. Apakah aku jatuh cinta saat itu? Aku tidak tahu. Sungguh. Bagaimanalah, aku bahkan baru saja mengenalnya. Aku hanya yakin, dialah lelaki yang dijanjikan Tuhan. Continue reading